Senin, 23 Desember 2013

Salah satu ceramah Kyai Khuzairon, Pimp Pond Pesantren di Temboro, Lereng Gn Merapi.

Ass.wr.wb. Kiriman dari mereka, yg sdg mendgrkan dr Flash disk, smg ada manfaatnya: ""Ini sy ketik, salah satu ceramah Kyai Khuzairon, Pimp Pond Pesantren di Temboro, Lereng Gn Merapi.... sambil dengerin... "Sesungguhnya segala suasana yg mendatangkan adalah Allah... semua makhluk Allah yg menciptakan.. demikian juga dengan segala keadaan-keadaan yg mendatangkan adalah Allah.. kesusahan, kebahagiaan, kematian, kehidupan, didatangkan oleh Allah, menurut ukuran yg ditentukan oleh Allah... demikian perubahan suasana, keadaan, yg mendatangkan adalah Allah.. walaupun seluruh kampung ingin membuat keadaan yg menyusahkan... tidak akan bisa terwujud, krn yg menghendaki semuanya terjadi adalah Allah.... Laaa ilaaa ha illallah...""

8 komentar:

  1. "Keadaan dingin, panas, menyusahkan, semua Allah yg mendatangkan... walaupun semua juga sepakat ingin membuat keadaan yg menyenangkan, tidak akan terjadi... yg bisa terjadi adalah apa yg dikehendaki oleh Allah. Semua manusia ingin dalam 24 kehidupan, kepinginnya yg baik2, dpt kerja baik, anak yg baik, pasangan yg baik, semua yg baik2, rumah yg baik, kendaraan yg baik... urusannya baik, pokoknya pingin dpt kebaikan di seluruh sisi2 kehidupannya. Bgmn bisa terwujud semua kebaikan2 tsb? Padahal semua keadaan didatangkan Allah? Bisa, kalau kita lihat, Allah memberikan jaminan. Dan janji2: Allah akan mendatangkan suasana2 baik, barokah2 dari langit, dari bumi, dengan iman dan takwa...."

    BalasHapus
  2. Ass.wr.wb. Sambungan crmh Kyai Khuzairon, pimpinan ponpes Temboro: "Janji Allah: bilamana iman dan takwa buruk, amalan2 buruk, maka Allah akan datangkan keadaan buruk... Sebaliknya, amalan2 yg baik, imannya baik, suasana iman baik, maka buahnya apa, keadaan2 juga baik... Dlm suatu riwayat disebutkan, bumi tidak terjadi kiamat, jika air msh keluar dr mata air, pohon msh tumbuh, hewan msh hidup, angin msh berhembusan, manusia msh bs makan, msh dberi rizkinya... dunia ini tidak akan kiamat, walaupun masih ada 1 org saja yg beriman kepada Allah, berzikir kpd Allah, walaupun sebab 1 orang saja mengamalkan agama, mengamalkan kebaikan..."

    BalasHapus
  3. "Oleh krn itu, kalau ada org mengamalkan agama, mengajak utk taat kpd Allah... masih ada yg berpikir, bagaimana saya nanti, bgimn nanti saya akan kelaparan?... kalau masih ada orang yg amalkan agama, tp msh ada kekhawatiran tidak akan sukses, tidak akan mulia, berarti ini orang yg bernasib tidak baik... Krn apa, lha wong memperjuangkan ajaran Allah yg Maha memberikan segalanya, kok masih kuatir... berarti amalan agamanya belum benar... karena setiap amalan yg baik dan benar, akan mendatangkan suasana baik, dan akan diberikan cahaya terang... maka yg amalannya baik, jalannya akan terang menuju syurga...."

    BalasHapus
  4. "Maka, amalan2 baik akan mendatangkan suasana baik, amalan2 buruk akan mendatangkan suasana buruk. Zaman dulu, saat nabi Adam, buahpun terasa lezaaaattt, krn dunia masih penuh amalan baik, tp sejak ada saling bunuh antara anak nabi Adam, mulailah ada tumbuhan berduri. Maka jika ada amalan buruk walau 1 orang yg melakukan, maka keburukannya itu menyebar. Ibaratnya, jika ada yg menggunjing, ibaratnya gunjingannya tsb dirubah jadi bajing, dan jika gunjingannya ditaruh di laut, maka seluruh lautan akan jadi bajing. Demikian juga jika ada 1 orang yg amalannya baik, maka yg seorang itu akan membawa kebarokahan utk semua orang..."

    BalasHapus
  5. "Bagaimana, dengan mencontoh amalan2 Rasulullah? Krn dlm amalan Rasulullah, ada kebaikan. Apa amalan Rasulullah itu, diawali dengan amalan dakwah? Ini adalah ummul amal. Banyak orang yg menyatakan adalah amalan yg paling utama adalah shalat. Krn yg pertama kali di akherat adalah shalat, sedangkan shalat itu diawali oleh dakwah. Hayya alassholah, hayya alal falah. Dakwah yg sempurna diawali oleh azan, mengajak orang shalat. Setelah amalan dakwah diwujudkan, maka akan terjadi peningkatan2. Biasakan setelah Shubuh, dzikir/baca qur'an, sampai Isrok. Ada yg tanya; Ya Rasul, apa amalan yg seimbang dengan amalan dakwah fisabilillah? Maka kamu harus menyainginya dengan berbuat kebaikan ibadah selama temanmu itu khuruj. Wahai Ali: Sekiranya denganmu Allah memberikan hidayah ke 1 orang saja, akan lebih baik dari seekor onta yg paling gemuk (ukuran sukses punya onta gemuk), jadi kalau kita berdakwah, dan yg kita dakwahi mengikuti ajaran Allah, maka kita beruntung, walaupun kita mati, msh dpt setoran2 pahala dari orang2 yg kita ajak, dan menjalankan ibadah dengan baik dan benar...."

    BalasHapus
  6. "Mulai dari Abu Bakar yg berdakwah kepada Ustman, dan para sahabat lainnya, membuat agama Islam tersebar ke seluruh muka bumi. Dan Abu Bakar dapat bagian pahalanya dari seluruh ummat manusia yg menjalankan agama, subhanallah. Orang mati biasanya meninggalkan sawah ber-hektar2. Tapi Maulana Ilyas, pas mau mati meninggalkan kerajaan-kerajaan. Anak2nya jd pendakwah, niatkan pas mati meninggalkan anak2 yg banyak menabung amal jariyyah. Biar senang ibu bapaknya sampai akherat. Caranya hidupkan taklim di rumah2. Se-baik2 kamu adalah orang yg belajar qur'an dan mengajarkannya. Itu kata Rasulullah. Orang belajar ilmu itu memudahkan jalannya menuju syurga. Ulama mengatakan, sesungguhnya orang dakwah ini, kalau kita taklim sungguh2, seluruh masalah2 itu ada jawabannya. Al Qur'an, tentang shadaqah, hadist, amaliyyah muamalah, haji, itu semua ada jawabannya. Dibaca sungguh2, masalah apaaa saja ada jawabannya. Taklim adalah sebab hidayah. Umar bin Khattab masuk Islam krn mendengar taklim adiknya sendiri, Fatimah. Begitu melihat taklim, mendengar taklim, langsung Umar bin Khattab, minta dihantarkan kpd Rasulullah SAW. Subhanallah..."

    BalasHapus
  7. "Kuatkan taklim di masjid2, taklim di rumah2. Bos kuli bangunan, sebelum kerja, kumpulkan dulu kuli2nya, taklim sebentar, baru kerja. Bos apa saja, kumpulkan anak buahnya, taklim dulu, baru kerja. Setelah taklim, dzikir. Ibadah, penting. Jika kita mengingat Allah di waktu lapang maka suara kita ada di langit sana. Maka kalau pas kita lagi sempit, maka kita akan cepat dikabulkan do'anya. Jika kita banyak mengingat Allah, maka semua masalah2 akan ada solusinya. Pokoknya semua masalah ada kunci2nya. Pada amalan yg dicontohkan Rasulullah. Anak pamannya Rasul, Hindun binti Hamzah, bersumpah sampai mati tidak akan masuk Islam. Tp melihat saat Fathu Makkah, orang2 beribadah thawaf, semangat beribadah siang malam, sampai ada yg mengatakan, blm pernah Allah disembah spt hari ini, maka yg namanya Hindun yg ber-sumpah2 tdk akan masuk Islam, akhirnya masuk Islam. Ketika ditanya: Ayo Hindun, kamu sudah bersumpah selamanya tidak akan masuk Islam, mengapa sekarang masuk Islam? Hindun menjawab: "Saya tidak masuk Islam. Tp Islamnya yg masuk sendiri ke hati dan diri saya.""

    BalasHapus
  8. "Dakwah diawali dengan mengajak orang ke masjid. Krn insya Allah dengan sering ibadah ke masjid, orangnya jadi lebih baik. Se-buruk2 tempat adalah pasar. Selanjutnya adalah berkhidmat. Melayani, orang Islam itu adalah saudaranya orang Islam. Tidak boleh men-dholimi, tidak boleh menyakiti. Jangan sampai tidak menegur saudaranya lebih dari 3 hari. Barangsiapa senantiasa menunaikan hajat saudaranya, maka Allah akan menunaikan hajatnya. Senantiasa kita menolong terus. Maka Allah akan menolong kita terus. Jika kita menutup aib saudara kita, maka Allah akan menutup aib2 kita. Inilah ajaran akhlak muamalah yg diajarkan orang2 tua kita. Insya Allah. Dan ini semuanya diniatkan tekad bulat. Menyisihkan waktu 2,5 jam per hari utk masjid, utk agama, yg sungguh2. Dengan demikian yg lainnya mudah dihidupkan, lalu nanti akan berkembang. Insha Allah. Subhanallah wabihamdihi subhanallah wabihamdika asyhadualla ilaa hailla anta astaghfiruka waatubuilaih." *Ceramah Shubuh Kyai Khuzairon, 17 Januari 2012* Kyai Arifin Ilham suka membawa rombongan besar ke Temboro. Insya Allah, menebar kebaikan. *Selesai 1 ceramah. Ada rekaman Ceramah Kyai Khuzairon dr thn 2008-2013. Sampai berjumpa pd ceramah2 beliau di lain waktu. وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    BalasHapus