Senin, 24 Juni 2013

Nikmat Tidur. Tidur merupakan salah satu nikmat dan rahmat Allah. Sebagai istirahat bagi tubuh agar esok dapat beraktivitas kembali.Nikmat Tidur. Tidur merupakan salah satu nikmat dan rahmat Allah. Sebagai istirahat bagi tubuh agar esok dapat beraktivitas kembali.

A. Tanda Kekuasaan Allah.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,

وَمِنْ ءَايَاتِهِ مَنَامُكُم بِالَّليْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَآؤُكُم مِّن فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لأَيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَسْمَعُونَ

"Dan diantara tanda-tanda kekuasaanNya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karuniaNya...." (QS ar-Rum: 23)

B. Rahmat Untuk Istirahat.

Syaikh as-Sa’di rahimahullah menafsirkan ayat tersebut,

“Tidur merupakan satu bentuk dari rahmat Allah sebagaimana firmanNya,

وَمِن رَّحْمَتِهِ جَعَلَ لَكُمُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ لِتَسْكُنُوا فِيهِ وَلِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

"Dan karena rahmatNya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kalian beristirahat pada malam hari dan mencari sebagian dari karuniaNya (pada siang hari) serta agar kalian bersyukur..." (QS al-Qashash: 73)

Allah menjadikan seluruh aktivitas makhluk berhenti pada suatu waktu (malam hari) agar beristirahat di waktu tersebut, kemudian bertebaran (di muka bumi) pada waktu yang lain (siang hari) sebagai upaya memperoleh manfaat dunia dan akhirat.

Hal itu, tidak akan terjadi secara sempurna melainkan dengan keberadaan pergantian siang dan malam.." (Taisir Karimir Rahman:2/402)

Faidah:
1. Menafsirkan Ayat dengan ayat. (Ini yang utama)
2. Tidur bernilai ibadah bila diniatkan untuk bisa kembali beramal shalih.
3. Pergantian malam dan siang merupakan nikmat Allah yang sangat besar.

Pernahkah membayangkan sepanjang hari matahari menyinari kita...?

Silahkan ditanyakan kepada penduduk negeri yang mengalami siangnya (atau malamnya) hampir sepenuh hari.

@sahabatilmu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar