Sabtu, 22 Juni 2013

Sebab-sebab yg membuat seorang muslim tdk khusyu' dalam sholatnya

Ikhwan dan akhwat sekalian yg kami hormati, diantara beberapa sebab yg seorang muslim tdk khusyu' dalam sholatnya yaitu;

1. Kurangnya pemahamannya tentang islam,terlebih lagi dikhususkan tentang pembelajaran tentang sifat sholat Nabi.

2. Kurangnya keyakinan yg dalam, bahwa ia akan berjumpa dan kembali kepada ALLAH, sebagaimana ALLAH Ta'ala berfirman dalam surat albaqarah ayat 45-46.

3. Adanya bisikan syaithan (syaithan senantiasa mengganggu manusia, meskipun dalam keadaan shalat).
Sebagaimana diriwayat oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah bersabda:
"Jika adzan dikumandangkan, maka syaithon lari dgn suara kentutnya sampai dia tidak mendengar suara adzan. Ketika adzan selesai, syaithon kembali lagi. Kemudian syaithon mendengar qomat, syaithon pun lari lagi, apabila qomat selesai syaithon kembali lagi. Kemudian syaithon ini membisikkan sesuatu kpd org yg sholat. Dia berkata "ingatlah ini...ingatlah ini dan itu!"Yaitu syaithon membisikkan sesuatu yg sebelumnya dia lupa sehingga org yg sholat itu tidak tau berapa rakaat dia sudah sholat. (bukhory :608)

4. Perhatian yg lebih/ terlalu disibukkan terhadap urusan dunia, ini pun bisa mengganggu kekhusyu'an sholat kita.

5. Meninggalkan sholat berjama'ah dimasjid bagi laki-laki.

6. Tidak meluruskan & merapatkan shaf didalam shalat.

7. Mengadahkan pandangan keatas ketika dalam sholat.
Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:
"Hendaklah orang2x berhenti dari mengangkat pandangan mereka kelangit ketika berdoa dalam sholat, atau penglihatan mereka akan dihilangkan. (Muslim: 429)

Itulah yg sebagian yg dijelaskan para ulama kita tentang diantara sebab manusia tidak khusyu' dalam sholatnya. Dan masih banyak lagi sebenarnya perkara-perkara yg bisa menyebabkan tdk khusyu' didalam shalat.

Semoga memberikan manfaat untuk kita, dan kita memohon kepada ALLAH semoga ALLAH menerima seluruh amal tho'at kita yang kelak menjadi pemberat timbangan kebaikan untuk kita.

Ditulis oleh Ustadz Ahmad Ferry Nasution حفظه الله تعالى

===

Tidak ada komentar:

Posting Komentar